Tuesday, August 21, 2018

A. Pendahuluan

Sebagai warga negara Indonesia yang mengenal baik negaranya, ada baiknya bila kita samua mempelajari dan setidaknya mengetahui beberapa seluk beluk mengenai Indonesia, mulai dari letak sampai potensinya. Pasti dari teman-teman semu masih bingung kan mengenai letak dan luas wilayah yang pasti dan valid tentang Indonesia.

Indonesia secara geografis merupakan sebuah negara kepulauan dengan 2/3 luas lautan lebih besar daripada daratan. Hal ini bisa terlihat dengan adanya garis pantai di hampir setiap pulau di Indonesia (± 81.000 km) yang menjadikan Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Kekuatan inilah yang merupakan potensi besar untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Indonesia disebut negara maritim karena indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh samudra yang sangat luas dan memiliki jumlah pulau yang sangat banyak yaitu 17.504  pulau, tetapi hanya 16.056 pulau yang terdaftar ke PBB.Indonesia juga memiliki wilayah perairan yang sangat luas yaitu 6.400.00 km persegi (sudah termaksud zona tambahan sebesar 270.000 km persegi) dari pada luas daratannya yaitu 1.900.000 km persegi. 

Istilah poros maritim dunia berkaitan dengan posisi geografis indonesia dan bentuk wilayah Indonesia yang berupa kepulauan terbesar di dunia. Secara geopolitik dan geoekonomi, posisi geografi dan bentuk wilayah kepulauan merupakan modal kekuatan bagi Indonesia untuk menjadi negara maju yang berbasis kelautan. 


Video Tugas Kelautan

No comments:

Post a Comment